Rabu, 22 Februari 2017

Alergi Dingin? Pahami Gejala dan Cara Mengatasinya


Antero Aktual - Kondisi alergi pada udara dingin memiliki nama medis cold urticaria, yang menyebabkan timbulnya reaksi pada kulit. Kulit yang mengalami paparan udara dingin ini akan menjadi kemerahan dan terasa gatal serta muncul bercak dan bekas pada kulit.


Cold urticaria memiliki gejala yang sangat beragam dan berbeda-beda pada tiap orang. Beberapa orang hanya akan bereaksi sedikit terhadap kondisi udara dingin, dan beberapa orang lainnya dapat mengalami reaksi serius. 

Tidak hanya udara dingin, berendam dalam air dingin juga dapat menimbulkan reaksi pada penderita alergi dingin sehingga dapat menyebabkan tekanan darah rendah, rasa hendak hilang kesadaran, syok dan bahkan kematian.

Dalam permasalahan kesehatan gejala dan cara mengatasi alergi terhadap udara dingin, memang harus benar-benar terasi dengan baik. Ada beberapa kemungkinan terkait dengan penyakit yang apabila ditandai dengan gejala-gejala seperti diatas tadi. Yaitu bersin-bersin dan hidung yang meler dipagi hari kemungkinan adalah Rhinitis.

Yaitu proses radang di selaput hidung yang disertai dengan gejala bersin, hidung tersumbat, rhinorea/ meler dan kadang mata terasa gatal juga. Perlu diketahui bahwa Rhinitis itu terdiri dari yang disebabbkan oleh alergi dan bukan karena alergi. Meskipun dengan gejala hampir sama dari keduanya.

Maka dari itu setelah kita bersama memahami gejala dan makna tentang alergi itu sendiri. Perlu adanya diagnosa dengan melakukan tes alergi, sehingga dapat diketahui jenis alerginya. Setelah diketahui jenis alerginya, maka penderita Rhinitis alergi harus menjahui kontak dengan alergi tersebut.

Dengan gejala tersenut diatas kemungkinan yang lain adalah Septum Deviasi yaitu kelainan bentuk dinding tengah hidung yang mestinya membagi hidung bagian kanan dan kiri secara. Kondisi yang tidak simetris ini mengganggu aliran udara pernafasan sehingga dalam bernafas terganggu.

Memang gejala yang menonjol dari Deviasi Septum ini adalah hidung tersumbat, namun juga dapat berlanjut menjadi sinusitis dan gejala sinusitis juga menyerupahi pilek, hidung tersumbat dan pusing. Maka dari itu unutk memastikan penyakit dengan gejala-gejala seperti diatas maka, alangkah baiknya untuk segera periksa ke dokter dan bila perlu minta rujukan ke spesialis THT. Demikian tips mengatasi Alergi dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar