Rabu, 15 Maret 2017

Alergi Udang? Atasi Dengan 5 Cara Ampuh Ini!



Antero Aktual - Alergi atau hipersensitivitas adalah bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya. Sesuatu yang merupakan pemicu dari alergi itu sendiri disebut dengan alergen. 

Beberapa macam alergi yang sering kita jumpai salah satunya yaitu alergi susu sapi, alergi debu, alergi udara dingin, alergi obat-obatan dan juga alergi makanan salah satunya seafood. 

Ada beberapa gejala yang muncul saat alergi yaitu, bersin-bersin, gatal-gatal, sesak napas, ruam pada kulit, batuk, merah pada mata dan juga terjadi pembengkakan pada bagian tubuh.

Berdasarkan tingkat keparahannya, setiap orang memiliki tingkat yang berbeda-beda. Ada yang mengalami reaksi ringan hingga berakibat fatal (anafilaksis). Jika seseorang mengalami tersebut, ia sangat membutuhkan pertolongan medis. 

Namun Anda jangan khawatir, kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi alergi udang secara alami. Berikut ulasannya!

1. Konsumsi Makanan Mengandung Quercetin Tinggi

Quercetin adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatur kadar histamin dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi udang bersama dengan sumber makanan mengandung quercetin seperti: capers, bawang merah, dan bawang putih mentah. 

Buah yang mengandung quercetin tinggi seperti blueberri, plum, apel,dan ceri. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran seperti cabai, selada merah, kale, sawi hijau, bayam, paprika, dan brokoli.

2. Gunakan Gel Lidah Buaya

Jika Anda memiliki reaksi alergi udang seperti gatal-gatal, bengkak atau kulit terasa sangat panas, maka cobalah untuk menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya bisa membantu menghilangkan gatal sehingga reaksinya tidak terlalu berat. 

Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Jangan pernah mengompres pada kulit yang gatal karena alergi, sebab bisa menyebabkan kulit kaku dan bengkak lebih parah.

3. Minum Madu

Ketika alergi udang menjadi lebih buruk dan menyebabkan kulit gatal dan terbakar, maka segera minum satu sendok madu. Anda juga bisa mencampurkan madu dengan air hangat lalu minum. 

Madu mengandung bahan antioksidan dan mineral yang tinggi untuk mengurangi tingginya kadar histamin. Madu juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk mengatasi gatal.

4. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin E Tinggi

Makanan yang mengandung vitamin E sangat baik untuk membantu mengatasi alergi udang. Semua reaksi alergi udang baik gatal atau sesak nafas bisa diredakan dengan vitamin E. 

Vitamin E bisa bekerja untuk mengatasi sumber alergi dan bisa memulihkan fisik sehingga kekebalan tubuh bisa melawan reaksi alergi. 

5. Minum Jus Lemon

Jika Anda merasa kesal karena selalu mengalami alergi saat makan udang, maka cobalah untuk makan udang dan minum jus lemon setelahnya. Jus lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga mencegah gatal dan reaksi alergi udang yang lain. 

Vitamin C ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu tubuh menerima protein dari udang dan mengatasi kadar histamin yang sangat tinggi. Cara ini akan membantu tubuh Anda kuat dalam melawan alergi udang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar